blognya para pecinta ikan

5 Ikan Hias Air Tawar Tercantik Versi Ikangalo

1. Arwana (Scleropages formosus)

Arwana merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang terancam punah di perairan alam yang diakibatkan oleh perburuan liar mengingat harganya yang selangit. jenis arwana yang mempunyai harga tinggi di pasaran adalah dari jenis super red yang ditaksir mencapai 4 juta rupiah untuk ukuran panjang kurang dari 30 cm. namun menurut beberapa sumber, harga ikan arwana super red dengan kualitas baik dapat mencapai milyaran rupiah. ikan arwana banyak ditemukan di sungai-sungai amerika selatan dan Indonesia (Sumatera, Kalimantan, dan Papua). kabar baiknya ikan arwana ini telah mulai dibudidayakan di Indonesia yakni di kalimantan, bekasi, riau dan daerah lainnya.

2. Cupang (Betta sp)

Cupang merupakan ikan hias air tawar yang keindahan warna dan bentuk tubuhnya telah diakui dunia. ikan yang bersifat agresif ini sering kali menjadi kategori pada kontes ikan hias skala lokal maupun internasional. beberapa jenis cupang yang sering dijadikan peliharaan adalah cupang jenis serit, plakat, wild betta, dan cupang paradis. harga ikan ini pun bervariasi dari ribuan sampai jutaan (untuk kualitas kontes). di alam liar, ikan ini pada umumnya hidup di perairan rawa. namun jangan harap dapat menemukan jenis serit di alam liar karena yang banyak ditemukan adalah jenis wild betta (cupang liar). selain untuk kontes kecantikan, ikan cupang juga dikenal dengan ikan adu karena sifatnya yang agresif terutama jenis plakat.

3. Diskus (Symphysodon discus)

Habitat asli ikan diskus  adalah Rio Negro dan perairan tenang Sungai Amazon, Brazil. ikan ini termasuk ikan omnivora. ikan yang terkenal raja akuarium ini termasuk ikan yang banyak dipelihara para hobies ikan hias karena warnanya yang indah dan sifatnya yang tidak agresif. ikan diskus sudah bisa dibudidayakan bahkan banyak terdapat variasi-variasi warna baru yang  didapat  dari hasil persilangan. harga ikan ini bervariasi dari ribuan rupiah untuk benih dan ratusan ribu sampai jutaan untuk indukan dan kualitas kontes. ikan diskus juga dikenal sebagai ikan penyayang karena merawat anak-anaknya dengan baik.

4. Ikan Guppy (Poecelia reticulata)

ikan guppy merupakan ikan hias air tawar yang memiliki tubuh kecil dan mempunyai banyak sekali variasi warna. namun yang memiliki keindahan warna dan bentuk tubuh adalah ikan guppy jantan oleh karena itulah ikan guppy jantan memiliki harga lebih mahal daripada ikan guppy betina. pada awalnya ikan ini hidup di perairan payau amerika selatan tapi pada saat ini hampir di setiap negara telah berhasil mengembangkan ikan ini di air tawar. harga ikan ini relatif terjangkau di pasaran namun untuk kualiatas ekspor harganya dapat melambung tinggi. ikan ini biasa disebut juga ikan 1000 karena mudah berkembangbiak. untuk cara budidaya klik di sini.

5. Ikan Koi (Cyprinus sp)

ikan koi merupakan ikan khas negara jepang walaupun beberapa sumber menyebutkan ikan ini dibawa oleh orang cina dari persia ke jepang. karena variasi warna yang indah dan sifatnya yang jinak  ikan ini banyak dipelihara dikolam-kolam hobies. namun pada umumnya ikan ini identik dengan kalangan menengah keatas karena harga dan biaya perawatan ikan ini yang relatif mahal. harga ikan koi dipasaran berkisar ratusan ribu sampai ratusan juta rupiah tergantung kualitas dan label juara kontes yang pernah diikuti. menurut beberapa sumber, biaya pemeliharaan ikan koi mencapai lebih dari 1 juta rupiah perbulannya.

-semoga bermanfaat-

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.