blognya para pecinta ikan

Budidaya Ikan Guppy

Guppy (Poecilia reticulata) berasal dari Trinidad, Barbados, Guyana, Brasil, dan Asia Tenggara. asal nama ikan guppy adalah penemunya sendiri yaitu DR. Robert Lechmere Guppy. Ikan yang bersifat omnivore ini dapat berkembangbiak  secara optimal pada suhu sekitar 25-28° C, pH sekitar 7,0 dan kekerasan 20° dH.

Untuk membedakan induk betina dan jantan tidak sulit. Warna dan morfologi tubuh jantan jauh lebih bagus dibanding betina. Sirip-sirip pada jantan lebih panjang dan lebih lebar. Secara praktis,untuk membudidayakan ikan guppy dapat dikatakan mudah baik dari segi perkawinan (pemijahan) maupun jenis pakan yang diberikan. Pemijahan ini dapat dilakukan secara masal dengan perbandingan jantan betina 1 : 2. Dalam wadah diberi tanaman air seperti hidrilla (ganggang) sebagai tempat persembunyian anak ikan. secara teknis pemberian pakan dapat diberikan pelet halus 3 kali sehari untuk induk maupun anakan guppy namun untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal anakan ikan guppy berumur dibawah 10 hari diberi pakan alami berupa kutu air, cacing sutera maupun artemia. Anakan ikan guppy berumur 1,5 bulan sudah dapat melakukan reproduksi. oleh karena cepatnya masa reproduksi, ikan ini sering disebut ikan seribu.

Dari beberapa sumber, sperma induk jantan dapat bertahan dalam tubuh induk betina hingga enam bulan. Ini berarti selama enam bulan induk betina masih dapat melahirkan anak walaupun tidak dikawini induk jantan.

2 responses

  1. jhoni

    Salam kenal Mas Eko , Saya mau tanya Mas Eko ada koleksi ikan Guppy gak ? Klu ada Saya mau beli.Di Palembang tinggal dimana & minta no HPnya Donk ?

    Desember 3, 2011 pukul 6:33 am

  2. Saya dr kecil suka banget sama ikan ini, tertari untuk memeliharanya lagi kini setelah punya anak kecil. Prospeknya gimana yah

    Februari 6, 2012 pukul 6:41 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s