blognya para pecinta ikan

Ikan Seluang

ikan seluang

Ikan seluang (Rasbora sp) merupakan ikan khas perairan rawa, walaupun ada juga yang ditemukan didaerah aliran sungai. ikan ini biasanya hidup berkoloni. penyebarannya meliputi asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Brunai darusalam. pada tahun 2007 Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) melalui Balai Riset Budidaya Ikan Hias Depok melaksanakan program inventarisasi dan domestifikasi ikan Rasbora sp dalam lingkungan terkontrol. hasil dari program ini cukup memuaskan yakni  ikan rasbora megnalami perkembangan gonad sampai TKG IV serta tingkat kelangsungan hidup mencapai 92,7% pada jenis rasbora falcine (namun penulis tidak mendapatkan gambar atau artikel lengkap tentang jenis rasbora ini selain sedikit info dari BRBIH Depok)

rasbora mempunyai banyak spesies dan sebagian besar merupakan ikan hias yang banyak diminati oleh hobies ikan hias lokal maupun mancanegara. contoh ikan rasbora hias adalah Rasbora herlequin

   Rasbora herlequin

Di Sumatera Selatan, rasbora disebut juga ikan seluang. ikan ini banyak tersebar di anak aliran sungai musi, danau, rawa serta kolam-kolam budidaya. ikan ini termasuk komoditas konsumsi yang cukup digemari karena rasanya yang gurih dan renyah. Pada tahun 2010 balai Agro Teknologi Terpadu (ATP) dibawah naungan Kementerian Riset dan Teknologi bersama mahasiswa Universitas Sriwijaya pernah melakukan domestifikasi dan pengamatan ciri reproduksi. info terakhir ikan ini sudah bisa dipijahkan dengan penyuntikan ovaprim, namun belum mencapai penetasan telur. semoga kedepan salah satu ikan khas sumatera selatan ini dapat dibudidayakan sehingga kelestariannya di alam tetap terjaga. (Eko Priyono)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s