blognya para pecinta ikan

Ikan Sumatera

Ikan Sumatera (Puntius tetrazona) merupakan Ikan air tawar yang termasuk kedalam genus Puntius. ikan ini sering didapati pada sungai-sungai dangkal berarus sedang, yang jernih atau keruh. Ikan sumatra menyukai pH antara 6.0–8.0, dan kisaran temperatur air antara 20–26’C Ikan sumatera juga didapati di rawa-rawa, yang mengindikasikan bahwa ikan ini memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap perubahan kualitas air. Rata-rata lama hidup ikan sumatra adalah sekitar 6 tahun.

Ikan yang berukuran kecil, dengan panjang total (beserta ekor) mencapai 70mm. Tubuh berwarna kekuningan dengan empat pita tegak berwarna gelap; pita yang pertama melewati mata dan yang terakhir pada pangkal ekor. Gurat sisi tak sempurna, 22-25 buah dengan hanya 8-9 sisik terdepan yang berpori. Batang ekor dikelilingi 12 sisik. Tinggi tubuh sekitar setengah kali panjang standar (tanpa ekor).

Sekitar mulutnya, sirip perut dan ekor berwarna kemerahan. Sirip punggung dan sirip dubur berwarna hitam, namun warna hitam pada sirip punggung dibatasi oleh garis merah.Jenis yang diperdagangkan, selain yang berwarna kekuningan, ada pula individu yang kemerahan, kehijauan dan albino. Jenis yang berwarna kehijauan, yang sebetulnya adalah gejala melanisme pada ikan sumatra, dan yang berwarna albino merupakan hasil dari pembiakan selektif dalam penangkaran untuk meningkatkan nilai jual.

Di alam liar, ikan ini masih mudah untuk dijumpai terutama diperairan jernih dan mempunyai arus sedang. Di sumatera selatan tepatnya di kecamatan Talang Ubi Muara Enim ikan ini bahkan dijadikan ikan konsumsi dan bagi para pemancing ikan ini merupakan ikan pengganggu karena sifatnya yang agresif terhadap ikan lain. masyarakat sekitar menyebut ikan sumatera ini dengan sebutan ikan aji-aji.

One response

  1. eko

    mari kita budidayakan ikan lokal

    Juli 8, 2011 pukul 12:51 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s