blognya para pecinta ikan

Ikan Air Tawar yang Paling Berbahaya, Untung Tidak Ada di Indonesia

Masih ingat dengan ikan piranha yaitu ikan pemakan daging (Karnivora) dari hutan amazon. Keganasan ikan ini pun acapkali didokumentasikan menjadi film hollywood maupun artikel-artikel media cetak dan elektronik.

piranhaikan piranha dengan giginya

Walaupun Piranha adalah ikan yang berbahaya dan ganas, tapi anda sekalian harus tahu, bahwa ada ikan yang bisa jadi lebih berbahaya daripada piranha yaitu ikan Candiru atau canero (Vandellia cirrhosa) yang merupakan ikan air tawar yang sekelompok dengan ikan lele.

candiru1

candiru2

candiru3

candiru4


candiru6

ukurannya kecil tapi bisa membunuh gajah

Jenis ini ditemukan di Sungai Amazon dan memiliki reputasi di antara penduduk lokal sebagai ikan paling ditakuti, bahkan lebih dari piranha. Spesies ini berukuran hanya sekitar satu inci panjangnya, berbentuk seperti belut dan tembus pandang sehingga sulit dilihat di air. Candiru adalah sejenis parasit. Ia masuk ke celah-celah insang ikan lain, mengeluarkan tulang belakangnya agar dapat berpegang di tempat, dan meminum darah di insang, sehingga dijuluki “ikan vampir dari Brazil”.


can2

Ikan ini ditakuti karena ia tertarik pada air seni atau darah, dan bila seseorang berenang telanjang atau kencing pada saat itu ia akan masuk ke celah anus ataupun alat kelamin  dan mungkin ke dalam urethra. Bila ini terjadi ikan candirú sangat sulit diambil kembali kecuali lewat operasi. Karena ikan ini menemukan mangsanya dengan mengikuti aliran air dari insang ke sumbernya, kencing sambil berenang meningkatkan kemungkinan candirú masuk ke urethra manusia.

Pengobatan tradisional adalah dengan dua tanaman, Xagua (Genipa americana) dan apel Buitach yang dimasukkan ke daerah yang terkena. Kedua tanaman ini akan membunuh dan melarutkan ikan tersebut. Lebih sering, infeksi menyebabkan shock dan kematian korban sebelum candirú dapat diambil.

1112

pengambilan candiru lewat operasi

223

kecil tapi mematikan

sumber : http://sonokeling.wordpress.com/2009/03/30/candiru-ikan-paling-berbahaya-di-air-tawar/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s