blognya para pecinta ikan

Ikan Terkecil Di Dunia Saat Ini

Sepintas ikan ini mirip ikan seluang rawa (Rasbora sp). Ikan dengan nama ilmiah paedocypris progenetica ini ditemukan di lahan gambut Sumatera. Tubuh ikan dewasa ini hanya sebesar nyamuk. Para penemu ikan ini mempublikasikan temuan itu dalam jurnal ilmiah Proceedings terbitan Inggris.
Ikan dengan tubuh transparan itu hidup di lahan gambut yang berkadar asam tinggi di Sumatera. Lahan gambut, yang sering pula disebut sebagai rawa ”air hitam” itu berkadar asam luar biasa tinggi. Kadar pH air lahan gambut ini hanya sampai 3. Para ilmuwan harus mengamati ikan ini dengan mikroskop stereoskopik khusus untuk bisa mengukur panjang ikan secara akurat.
Ikan dewasa terkecil yang berhasil ditangkap adalah Paedocypris progenetica betina. Panjang dari ujung mulut hingga ujung ekor hanya 7,9 mm. Jadi, selain sebagai ikan terkecil, spesies ini layak mendapat predikat sebagai vertebrata terkecil di dunia. Rekor ikan terkecil yang tercatat selama ini adalah ikan cebol Trimmatom nanus, yang panjangnya kurang lebih 8 mm. Perusakan lahan-lahan gambut di sumatera menjadi ancaman akan keberadaan ikan ini di masa mendatang, seharusnya kita bersyukur akan rahmat Yang Maha Kuasa atas kekayaan sumber daya alam kita, bukan malah di hancurkan. mungkin masih banyak lagi keunikan spesies-spesies ikan yang terdapat di perairan Indonesia.

Recent Posts :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s