blognya para pecinta ikan

Keberadaan Ikan Import Mengancam Ikan Lokal

Setiap harinya, Jawa Tengah dibanjiri ikan impor hingga mencapai 700 ton. Ikan-ikan tersebut didatangkan dari berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan sejumlah rumah makan di Jawa tengah.

Koordinator Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) Jawa Tengah, Sukarman, SH menyebutkan, yang menjadi persoalan dari ikan impor tersebut, ternyata jenisnya sama dengan yang disuplai oleh nelayan lokal.

“Sejauh ini, Peraturan Menteri Perikanan dan Kelautan Nomor 17 Tahun 2010 hanya mengatur masalah baku mutu ikan. Namun tak ada pembatasan jenis ikan. Akibatnya yang diimpor jenisnya sama dengan ikan lokal, seperti ikan patin, ikan bawal, ikan tuna dan lain-lain,” kata Sukarman, Selasa (05/04/2011), di sela-sela persiapan peringatan Hari Nelayan 6 April besok, di Semarang.

Kebijakan Kementrian Kelautan dan Perikanan tersebut dinilai sangat merugikan nelayan. Idealnya, ijin impor ikan juga mengatur tentang jenis ikan, khususnya ikan-ikan yang tidak bisa disediakan oleh nelayan lokal.

“Dengan peraturan tersebut, nelayan kita menjadi tak diproteksi. Mereka tak pernah difasilitasi untuk membuka pasar ikan hasil tangkapan mereka, tahu-tahu harus berkompetisi dengan nelayan asing yang diproteksi negaranya,” tambah Sukarman.

Data yang berhasil dihimpun KIARA Jawa Tengah menunjukkan, dari 700 ton ikan asing yang menyerbu pasar Jawa Tengah, mayoritas adalah ikan patin dan ikan bawal serta ikan tuna. Jenis-jenis ikan tersebut, hampir setiap hari juga didapatkan oleh nelayan Jawa Tengah. Akibatnya harga ikan dari jenis yang sama, tak mampu diserap pasar.

“Itulah sebabnya, kami bersama beberapa kelompok nelayan yang ada di Jawa Tengah mengirimkan surat kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk meninjau kembali kebijakan tersebut. Setidaknya ada komitmen untuk memajukan nelayan dalam negeri,”

sumber :http://regional.kompas.com

padahal ikan-ikan import merupakan jenis ikan yang biasa dibudidayakan di Indonesia. seharusnya pemerintah segera mungkin memberikan solusi atas permasalahan ini jangan sampai konsumen (masyarakat) berpikir bahwa ikan-ikan lokal tidak layak dikonsumsi, padahal kualitas ikan lokal dapat bersaing dengan ikan-ikan import dengan jenis yang sama.

Recent Posts :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s